Tipe-tipe dari Area Network

Salah satu cara untuk mengkategorikan berbagai jenis desain jaringan komputer adalah dengan ruang lingkup atau skala mereka. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain sebagai semacam jaringan area. Contoh umum jenis area jaringan adalah:

LAN Local Area Network
WLAN Wireless Local Area Network
WAN Wide Area Network
MAN Metropolitan Area Network
SAN Storage Area Network, Sistem Area Network, Server Area Network, atau kadang-kadang Wilayah Kecil Jaringan
CAN Campus Area Network, Controller Area Network, atau kadang-kadang Cluster Area Network
PAN Personal Area Network
DAN – Desk Area Network

LAN dan WAN adalah kategori asli jaringan area, sementara yang lain telah secara bertahap muncul selama bertahun-tahun evolusi teknologi.

Perhatikan bahwa jenis jaringan ini adalah konsep yang terpisah dari topologi jaringan seperti bus, cincin dan bintang

LAN Local Area Network
Sebuah LAN menghubungkan perangkat jaringan melalui jarak yang relatif pendek. Sebuah gedung perkantoran jaringan, sekolah, atau rumah biasanya mengandung satu LAN, meskipun kadang-kadang satu bangunan akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang LAN akan span sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP / IP, LAN sering tetapi tidak selalu diimplementasikan sebagai IP subnet tunggal.

Selain beroperasi di ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikuasai, dan dikelola oleh orang atau organisasi tunggal. Mereka juga cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring.

LAN, WAN dan Home Networking
Residences biasanya mempekerjakan satu LAN dan terhubung ke Internet WAN melalui Internet Service Provider (ISP) dengan menggunakan modem broadband. ISP menyediakan alamat IP WAN ke modem, dan semua komputer pada penggunaan jaringan rumah LAN (disebut swasta) alamat IP. Semua komputer di rumah LAN dapat berkomunikasi langsung satu sama lain tetapi harus melalui gateway pusat, biasanya sebuah router broadband, untuk mencapai ISP.
Jenis lain Area Networks
Sementara LAN dan WAN yang jauh jenis jaringan yang paling populer disebutkan, Anda mungkin juga sering melihat referensi ke orang lain ini:

     Wireless Local Area Network LAN berbasis pada teknologi jaringan nirkabel WiFi
     Metropolitan Area Network – sebuah jaringan yang mencakup wilayah fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, seperti sebuah kota. Sebuah MAN biasanya dimiliki suatu dioperasikan oleh entitas tunggal seperti badan pemerintah atau perusahaan besar.
     Campus Area Network – sebuah jaringan yang tersebar beberapa LAN tetapi lebih kecil dari MAN, seperti pada universitas atau kampus bisnis lokal.
     Storage Area Network menghubungkan server ke perangkat penyimpanan data melalui teknologi seperti Fibre Channel.
     Sistem Area Network – pranala kinerja tinggi komputer dengan koneksi berkecepatan tinggi dalam konfigurasi cluster. Juga dikenal sebagai Cluster Area Network.

 

referensi: http://compnetworking.about.com/od/basicnetworkingconcepts/a/network_types.htm

(ditranslate https://translate.google.com/#auto/id/ )

 

Note:

Assalamualaikum

Pagi Siang Malam

Bonjour!!

Author comeback dengan bawa post yang berniat ‘tugas’ lagi.yahh,thanks udah di read,keep reding this blog and comment.heehe.

mohon maaf atas semua kesalahannya,

Terima kasih

Grazie<3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s